5 Ramuan Tradisional Maag

5 Ramuan Tradisional Maag

Ramuan Tradisional Maag sebetulnya mudah, bahan-bahannya bisa kita dapatkan di dapur kita. Hanya saja seringkali kita malas untuk membuatnya. Padahal, sebelum penyakit maag kita menjadi lebih parah, sebaiknya kita membiasakan mengonsumsi ramuan tradisional maag.

Secara umum penyakit maag disebabkan oleh tingginya kadar asam dalam lambung. Tingginya kadar asam lambung disebabkan produksi asam yang berlebihan atau penghancuran asam yang lambat. Juga bisa dipicu oleh kelainan saraf atau infeksi bakteri.

Penyakit maag kronis bisa menyebabkan komplikasi, berupa iritasi atau luka di lambung. Gejala gangguan ini biasanya berupa tinja mengeras karena pencernaan kurang baik, nafsu makan berkurang, sering muntah, tubuh lemah, dan kadangkala terjadi diare kronis.

Mengobati maag, kata Iskandar Ali, herbalis dan akupunkturis dari Klinik Gaya Hidup Sehat, dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pijat telinga dan mengonsumsi ramuan tradisional maag.

Daerah telinga yang dipijat, kata Iskandar, adalah wilayah titik lambung, lever, jantung, dan saraf penyeimbang. Pijat telinga dapat dilakukan dengan alat sederhana. Contohnya, pentol korek api, ujung korek kuping, atau kili-kili (bandul alat pancing).

Berikut beberapa Ramuan Tradisional Maag yang terbuat dari herbal untuk mengatasi gangguan maag:

Ramuan Tradisional Maag1

Bahan: 1 genggam taoge, 1 sendok makan madu

Cara pemakaian: Taoge diblender, lalu ditambah madu. Minum ramuan ini dua kali sehari.

Ramuan Tradisional Maag 2

Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan madu

Cara pemakaian: Jeruk nipis dipotong-potong, seduh dengan air panas secukupnya, lalu tambahkan madu. Minum ramuan ini dua kali sehari, pagi dan sore.

Ramuan Tradisional Maag 3

Bahan: Masing-masing 1/2 jari bangle, jahe, kencur, dan lempuyang

Cara pemakaian: Semua bahan dicuci sampai bersih, lalu iris tipis-tipis. Rebus semua bahan dalam lima gelas air hingga menjadi dua gelas. Ramuan diminum dua kali sehari sebelum makan, masing-masing satu gelas.

Ramuan Tradisional Maag 4

Bahan: 1 pelepah besar lidah buaya, gula pasir secukupnya, 2 gelas air garam, 1 gelas air beras, 1 gelas air putih

Cara pemakaian: Kulit lidah buaya dikupas dan dipotong-potong bentuk dadu, lalu cuci dengan air garam. Bilas dengan air bersih dan rendam dalam air beras selama semalam.

Esok harinya, cuci lagi dengan air bersih lalu tiriskan. Setelah ditiriskan, bahan dikukus selama 10 menit, kemudian diblender. Masukkan bahan yang sudah halus ini ke dalam rebusan air gula yang sudah disiapkan. Minum ramuan ini dua kali sehari, pagi dan sore.

Ramuan Tradisional Maag 5

Bahan : 3 lembar daun sambung nyawa kering, 30 gram daun jombang kering, 2 iris temulawak kering, 7 lembar daun sambiloto kering, 30 gram pegagan kering, 2 iris temu putih, 7 lembar daun mimba kering, 1/2 jari bangle

Cara pemakaian: Semua bahan direbus dalam lima gelas air hingga tersisa dua gelas. Ramuan diminum dua kali sehari sebelum makan, masing-masing 1 gelas.

Semoga Ramuan Tradisional Maag di atas bisa membantu Anda menyembuhkan penyakit maag yang sedang Anda derita.

Sumber : kompas

You can leave a response, or trackback from your own site.

Komentar Tentang 5 Ramuan Tradisional Maag

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close