Beberapa Cara Mencegah Asam Lambung

Cara Mencegah Asam Lambung

Mencegah asam lambung dilakukan untuk menghindari penyakit asam lambung, atau sering disebut juga dengan penyakit maag. Penyakit asam lambung itu sendiri adalah penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam lambung didalam lambung yang menyebabkan iritasi atau luka di selaput lendir lambung.

Kondisi peningkatan level asam lambung memang sangat mengganggu. Hal ini terjadi ketika pengeluaran (sekresi) asam berlebihan dalam kelenjar lambung. Ketika sekresi terjadi lebih dari biasanya, dada akan terasa panas atau sering disebut heartburn. Konsumsi makanan pedas seringkali jadi pemicunya, selain itu membiarkan perut kosong dalam waktu lama pun menjadi pemicu utama terjadinya penyakit asam lambung.

Agar Anda tak tersiksa penyakit asam lambung, ketahui cara mudah mencegah asam lambung, diantaranya adalah:

  • Hindari soda dan kafein

Untuk sementara, sebaiknya hindari konsumsi minuman bersoda dan kafein. Keduanya memicu produksi asam lambung. Minum saja teh herbal atau susu hangat sebagai gantinya.

  • Air hangat

Perbanyak konsumsi air hangat. Minumlah segelas air hangat setiap pagi setelah bangun tidur.

  • Konsumsi buah

Beberapa buah-buahn dapat mencegah asam lambung, diantaralah adalah pisang, semangka, dan mentimun. Sebaiknya membiasakan untuk mengonsumsi buah-buahan tersebut setiap hari.

  • Waktu makan sebelum tidur

Sebaiknya Anda makan dua atau tiga jam sebelum tidur. Ini untuk mengurangi risiko sekresi asam lambung berlebihan. Selain mencegah asam lambung, makan sebelum tidur bisa juga mengakibatkan kegemukan jika dilakukan terlalu sering.

  • Jangan menunda makan

Jarak yang lama antara waktu makan juga pemicu asam lambung. Sebaiknya jangan menunda makan. Lebih baik konsumsi makanan dalam jumlah sedikit tetapi lebih sering daripada jarak waktu makan sangat lama.

  • Permen karet

Cobalah mengunyah permen karet untuk merangsang produksi saliva (air liur). Saliva membantu perpindahan makanan melalui saluran esophagus dan bisa meredakan heartburn.

  • JaheGambar Cara Mencegah Asam Lambung

Jahe sangat efektif untuk meredakan masalah pencernaan. Anda bisa mengonsumsi jahe dalam masakan, bubuk atau kapsul.

Demikian beberapa cara mencegah asam lambung, jika dilakukan secara rutin dan konsisten dapat dipastikan penyakit asam lambung bisa dihindari.

Sumber : vivanews.com

You can leave a response, or trackback from your own site.

Komentar Tentang Beberapa Cara Mencegah Asam Lambung

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close