Beberapa Faktor Penyebab Sakit Maag

Beberapa Faktor Penyebab Sakit Maag

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa ada bakteri penyebab maag, namun kebanyakan orang menderita penyakit maag disebabkan oleh gaya hidup. Gaya hidup yang salah bisa menyebabkan sakit maag bahkan penyakit yang lebih berbahaya.

Nyeri pada lambung atau sering disebut sakit maag seringkali datang tanpa permisi, terutama jika Anda ‘melanggar’ hal-hal yang harusnya dipantang untuk dilakukan bagi penderita sakit maag. Agar tahu bagaimana caranya mencegah sakit maag tidak sering kambuh, kita perlu mengetahui faktor apa saja yang paling sering menjadi penyebab munculnya sakit maag, ini dia:

  • Kopi, teh atau minuman lain yang mengandung kafein

Kafein dapat mengendurkan lower esophageal sphincter (LES), katup antara lambung dan tenggorokan, sehingga menyebabkan gas di lambung naik hingga kerongkongan.

  • Coklat

Coklat mengandung konsentrasi teobromin (sebuah senyawa yang secara alami ada di tanaman seperti cocoa, teh dan kopi), yang akan melemaskan otot LES, memicu asam lambung naik ke kerongkongan.

Makanan tersebut cenderung lambat dicerna, membuat makanan tinggal lebih lama di lambung. Hal ini dapat membuahkan peningkatan tekanan di lambung, yang pada akhirnya akan meningkatkan tekanan terjadinya pelemahan LES. Jika LES melemah, asam lambung akan naik ke kerongkongan.

  • Tomat dan produk berbahan dasar tomat

Makanan tersebut semuanya meningkatkan peluang melemahnya katup LES yang membuat asam lambung naik.

  • Alkohol

Alkohol bekerja melenturkan katup LES, sehingga menyebabkan refluks, atau berbaliknya asam lambung ke kerongkongan. Alkohol juga meningkatkan produksi asam lambung.

  • Rokok

Bahan kimia pada asap rokok dapat melemahkan katup saat dia melewati paru-paru masuk kedalam darah.

  • Makan dalam jumlah besar

Perut yang ‘penuh’ dapat memberikan tekanan ekstra pada katup LES, yang akan meningkatkan peluang terjadinya kejadian berbaliknya sejumlah makanan ke kerongkongan.Gambar Beberapa Faktor Penyebab Sakit Maag

  • Buah asam dan jus

Buah-buahan yang berasa asam berikut produknya, seperti jus, berperan dalam melenturkan LES.

  • Makan antara 2-3 jam sebelum tidur

Berbaring dengan perut penuh dapat menyebabkan isi perut menekan katup LES, meningkatkan peluang terjadinya refluks makanan ke kerongkongan.

  • Pakaian terlalu ketat

Pakaian yang memeluk terlalu ketat di sekitar perut akan menekan perut, sehingga makanan akan terdorong naik mendorong katup LES. Pakaian yang dapat menimbulkan masalah semacam ini antara lain korset dan mengencangkan ikat pinggang terlalu ketat.

Sumber : detik.com

You can leave a response, or trackback from your own site.

Komentar Tentang Beberapa Faktor Penyebab Sakit Maag

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close