Beberapa Penyebab Gastritis

Beberapa Penyebab Gastritis

Penyebab Gastritis bermacam-macam, namun yang paling umum adalah karena pola makan yang kurang baik. Dan tidak menjalankan pola hidup sehat dengan cara memakan-makanan yang baik. Jika pola hidup sehat tidak dilakukan, sudah bisa ditebak, selain gastritis penyakit lain pun bisa mudah datang.

Penyakit Gastritis atau radang lambung adalah peradangan pada selaput lambung yang terus menerus atau berulang kali kambuh. Pengobatan konvensional sulit menemukan antibiotok yang sanggup menembus dinding lambung, sehingga tidak segera sembuh. Penderita biasanya kemanapun pergi disakunya selalu ada obat pereda sakit. Banyak penderita penyakit ini teratasi dengan obat herbal, karena salah satu komponennya ada tanaman obat yang berfungsi sebagai anti biotik yang sanggup menembus selaput lambung.

Penyebab Gastritis

Lapisan lambung dapat mengalami iritasi dan peradangan peradangan pada lambung ini sering disebut gastritis. Sedangkan penyebab gastritis diantaranya adalah:

  • Gastritis bakterialis biasanya merupakan akibat dari infeksi oleh Helicobacter pylori (bakteri yang tumbuh di dalam sel penghasil lendir di lapisan lambung).

Tidak ada bakteri lainnya yang dalam keadaan normal tumbuh di dalam lambung yang bersifat asam, tetapi jika lambung tidak menghasilkan asam, berbagai bakteri bisa tumbuh di lambung. Bakteri ini bisa menyebabkan gastritis menetap atau gastritis sementara.

  • Gastritis karena stres akut, merupakan jenis gastritis yang paling berat, yang disebabkan oleh penyakit berat atau trauma (cedera) yang terjadi secara tiba-tiba.

Cederanya sendiri mungkin tidak mengenai lambung, seperti yang terjadi pada luka bakar yang luas atau cedera yang menyebabkan perdarahan hebat.

  1. Gastritis erosif kronis, Penyebab Gastritis erosif biasanya dari:
  • bahan iritan seperti obat-obatan, terutama aspirin dan obat anti peradangan non-steroid lainnya
  • penyakit Crohn
  • infeksi virus dan bakteri.

Gastritis ini terjadi secara perlahan pada orang-orang yang sehat, bisa disertai dengan perdarahan atau pembentukan ulkus (borok, luka terbuka).

Paling sering terjadi pada alkoholik.

  1. Gastritis karena virus atau jamur bisa terjadi pada penderita penyakit menahun atau penderita yang mengalami gangguan sistem kekebalan.
  2. Gastritis eosinofilik bisa terjadi sebagai akibat dari reaksi alergi terhadap infestasi cacing gelang. Eosinofil (sel darah putih) terkumpul di dinding lambung.
  3. Gastritis atrofik terjadi jika antibodi menyerang lapisan lambung, sehingga lapisan lambung menjadi sangat tipis dan kehilangan sebagian atau seluruh selnya yang menghasilkan asam dan enzim. Keadaan ini biasanya terjadi pada usia lanjut. Gastritis ini juga cenderung terjadi pada orang-orang yang sebagian lambungnya telah diangkat (menjalani pembedahan gastrektomi parsial). Gastritis atrofik bisa menyebabkan anemia pernisiosa karena mempengaruhi penyerapan vitamin B12 dari makanan.
  4. Gastritis sel plasma merupakan gastritis yang penyebabnya tidak diketahui. Sel plasma (salah satu jenis sel darah putih) terkumpul di dalam dinding lambung dan organ lainnya.
  5. Gastritis juga bisa terjadi jika seseorang menelan bahan korosif atau menerima terapi penyinaran kadar tinggi.

Jika Anda sudah merasakan Penyebab Gastritis diatas, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk penanganan yang lebih baik.

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Beberapa Penyebab Gastritis”

  1. keno says:

    ngeri…..!!!!

Komentar Tentang Beberapa Penyebab Gastritis

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close