Cara Mencegah Penyakit Maag

Gambar Cara Mencegah Penyakit Maag

Cara Mencegah Penyakit Maag ada banyak namun yang paling utama adalah makan dengan teratur. Sebab bila makan tidak teratur, hal itu membuat daya kerja lambung menjadi tidak teratur, sehingga penyakit maag bisa datang.

Penyakit maag pada umumnya merupakan penyakit yang sudah tidak asing lagi di dunia, karena pada hakikatnya setiap manusia kebanyakan mempunyai penyakit maag. Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Sakit maag sering kali digambarkan sebagai termakannya lambung kita oleh asam lambung. Kalau penyakit ini menimpa, kita akan merasakan sakit luar biasa pada perut atas kiri.

Sebelum Anda mengetahui Cara Mencegah Penyakit Maag, ada baiknya Anda mengetahui macam-macam penyakit maag, diantaranya sebagai berikut :

  1. Maag Ringan
  2. Maag Sedang
  3. Maag Kronis
  4. Maag Lambung

Jika kita sudah terserang penyakit maag maka kita akan mengalami sering muntah agak asam, suhu badan naik, muka pucat, nafsu makan kurang, kalau sedang kosong perut terasa sakit, pedih, dan sesak pada bagian atas, ulu hati sakit hingga kadang-kadang membuat kita terbangun di tengah malam, buang hajat tidak teratur, terkadang sembelit atau mencret, kita patut curiga tukak lambung sedang mendera kita.

Pada keadaan sakit maag terdapat borok-borok pada mukosa lambung. Borok terjadi akibat tidak seimbangnya sekresi asam lambung-pepsin dan mukus (produk kelenjar pada mukosa lambung yang berfungsi sebagai benteng bagi lapisan mukosa lambung). Karena lambung terletak di rongga perut bagian atas agak ke kiri (ulu hati), maka penderita biasanya mengeluh sakit di bagian itu.

Biang keladi penyakit ini adalah zat yang dapat menginhibisi sekresi asam lambung. Misalnya histamin dan antiinflamasi nonsteroid. Kerja berat, pikiran tegang, tidak tenang, atau kurang tidur juga menyebabkan kadar asam lambung yang tinggi. Sering terlambat makan, kebiasaan minum obat yang bersifat asam saat perut kosong, minum minuman beralkohol, dan mengisap rokok berlebihan juga dapat menjadi penyebab penyakit ini. Demikian pula dengan infeksi bakteri Helicobacter pylory yang dapat menyerbu lapisan submukosa lambung.

Agar terhindar dari penyakit maag maka ada baiknya Anda mengetahui Cara Mencegah Penyakit Maag, diantaranya:

  1. Makan teratur
  2. Mengunyah makanan sebanyak 32 kali agar makanan lebih lembut ketika masuk lambung.
  3. Menghindari makanan penyebab maag.

Kurangi makan-makanan yang dapat melukai lambung seperti cuka, kopi, pedas atau beberapa makanan yang dapat membuat lambung memproduksi asam lambung secara  berlebihan.

4. Mengonsumsi susu kedelai

Dari berbagai studi ilmiah bahwa kandungan serat yang cukup tinggi dan baik dari kedelai terbukti dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti maag, radang saluran cerna, kembung dan lain-lain.

5. Hindari Stres

Stres dapat menyebabkan kambuhnya penyakit maag. Oleh karena itu usahakan untuk selalu berfikir positif dan menjauhkan stres dari pikiran Anda.

6. Hindari Rokok

Asam lambung bisa meningkat akibat rokok dan juga dapat menjadi penghambat kesembuhan luka yang ada dalam lambung.

Demikian Cara Mencegah Penyakit Maag, semoga bermanfaat.

Sumber : rumahtradisional.com

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Cara Mencegah Penyakit Maag”

  1. mas saya mau tanya nie…?
    di perut saya terasa yeri yeri klo saya tidak makan malam atau
    di pagi hari,terus klo minum kopi disiang hari atau di pagi
    hari rasah lapar saya hilang bahkan tidak ada nafsu makan

    mohon di jawab mas…….
    apakah diperut saya ada kelainan….?

Komentar Tentang Cara Mencegah Penyakit Maag

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close