Cara Mengobati Maag

Cara Mengobati Maag

Mungkin kita tak pernah sadar bahwa barang-barang yang ada di dapur kita, sebetulnya bisa mengobati maag. Semisal kunyit, singkong, daun jambu biji, biji pepaya dan lain sebagainya, merupakan bahan untuk mengobati maag.

Menghadapi sakit maag itu gampang-gampang susah. Asal patuh pasti sembuh. Jangan abaikan kalau Anda kembung, cepat kenyang dan sering bersendawa.

Kata Maag sebenarnya berasal dari bahasa Belanda yang berarti lambung, oleh masyarakat awam kata maag dipakai untuk menggambarkan keluhan disekitar perut bagian atas. Sementara itu kaum medis menyebut keadaan tersebut dengan istilah dispepsia

Dispepsia adalah sekumpulan gejala, bisa dua, tiga atau lebih, berupa rasa nyeri atau rasa tidak enak di ulu hati yang disertai mual, kadang muntah, kembung, rasa penuh di bagian perut atas, rasa cepat kenyang, sering sendawa, yang diduga disebabkan oleh kelainan di saluran cerna bagian atas, khususnya lambung dan usus dua belas jari.

Apa Penyebabnya?

Sebelum mengobati maag, Anda harus mengetahui dulu apa penyebab maag itu sendiri. Secara garis besar terdapat empat penyebab sakit maag. Dan yang pasti penyebab sakit maag ini sebenarnya multifaktor, jarang hanya berdiri sendiri.

1. Kelebihan asam lambung

Terjadinya kerusakan dinding lambung disebabkan adanya ketidakseimbangan antara fakor agresif (yang merusak dinding lambung) dan faktor defensif ( yang mempertahankan keutuhan dinding atau mukosa/selaput lendir lambung). Asam lambung, termasuk obatobatan dan alkohol, merupakan faktor agresif. Sedangkan faktor defensif terdiri dari mukus, cairan yang diproduki  oleh dinding lambung dan makanan yang bersifat menetralkan asam.

2. Gangguan gerakan saluran cerna bagian atasgambar cara mengobati maag

Gerakan yang kurang baik akan mengganggu proses pencernaan, termasuk pergerakan pengosong lambung. Akibarnya benda-benda atau zat yang mestinya bisa cepat dilewatkan termasuk yang bersifat merusak, menjadi lebih lama di dalam saluran cerna. Sementara itu proses pencernaan makanan, proses pembusukan, bahkan kotoran itu sendiri akan menghasilkan gas. Gangguan pergerakan dan sisa makanan yang makin lama berada di saluran cerna menimbulkan rasa tidak enak, rasa penuh, dan kembung.

3. Peradangan lambung oleh kuman Helicobacter Pilori

Menurut penelitian pada 50 persen orang sakit maag ditemukan kuman ini atau infeksi yang di sebabkan olehnya. Ulkus (luka) bilisa disebabkan oleh kuman ini, mengingat peradangan pada akhirnya dapar menimbulkan luka juga. Hampir 90 persen dari mereka yang memiliki luka di usus 12 jari terdeteksi positif Helicobacter pilori. Sedangkan angka tersebut pada penderita ulkus di lambung mencapai 80-90 persen. walau ada yang mengatakan 70 persen saja

Kuman ini masuk secara vekaloral atau dari kotoran (makanan yang terkontaminasi oleh kuman tersebut) maupun secara oral-oral (pada sekelompok orang yang alat makannya digunakan bersama sama atau tidak dicuci dengan baik)

Kuman ini paling senang tinggal di bagian tertentu dari selaput lendir lambung, selain itu helicobacter pilori merupakan kuman kelas satu penyebab kanker lambung. Sekitar dua persen pasien maag mengalami kanker lambung dan 90-100 persen dari mereka ditemukan kuman itu

4. Diduga berhubungan dengan keadaan psikis

Menurut parah ahli kesehatan, keadaan inilah yang disebut dengan psikosomatik. Jadi ada stres yang tidak diwujudkan dalam keluhan psikis, seperti cemas, tapi malah dicetuskan dalam keluhan yang sifatnya somatis atau fisik. Misalnya sakit kepala, jantung berdebar, gatal-gatal, termasuk perut mual atau mulas, ungkapnya.

Keluhan somatis termasuk salah satu bahasa tubuh kita yang  kadang menjadi bagian dari gejala penyakit tertentu. Tapi biasanya kalau diteliti lebih lanjur itu ada benang merahnya. Keluhan somatis cenderung berhubungan dengan sistem organ yang lemah pada  orang yang bersangkutan. Jadi  kalau seseorang mual atau ulu hatinya merasa tidak enak saat menghadapi stres, ada kemungkinan bahwa sistem pencernaannya lemah.

Untuk mengobati seluruh keluhan di atas, bisa dilakukan dengan cara pengobatan tradisional. Seperti yang dilakukan oleh Pengobatan Tradisional Ny. Djamilah Najmuddin. Pengobatan penyakit maag yang dilakukan oleh Ny. Djamilah ini sudah dilakukan sejak tahun 1990-an. Bahkan banyak bukti-bukti hasil laboratorium pasien yang sudah sembuh, seperti yang terdapat di situs resminya www.djamilah-najmuddin.com. Karena itu, tak perlu ragu lagi untuk mengobati penyakit maag Anda.

Sumber : sehat-bebaspenyakit.com

You can leave a response, or trackback from your own site.

Komentar Tentang Cara Mengobati Maag

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close