Gejala Sakit Maag

Gejala Sakit Maag

Gejala Sakit Maag yang paling umum adalah mual-mual yang tiada henti. Selain mual biasanya lambung terasa sakit, itu adalah gejala sakit maag yang sangat umum.

Penyakit maag bisa menyerang siapa saja. Maag merupakan penyakit yang menyerang lambung bisa karena si penderita makannya tidak teratur atau yang lainnya. Penyakit maag dibedakan menjadi 4, yaitu Maag ringan, maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini.

Maag sedang, pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan. Maag kronis, maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa. Sampai kanker lambung, merupakan akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter pylori. Semua penyakit maag ini sebelum menjadi parah, selalu ada gejala sakit maag terlebih dahulu.

Sakit Maag adalah sakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang kita makan. Namun produksi asam di lambung dapat lebih besar dari yang dibutuhkan bila pola hidup kita tidak teratur dan sehat.

Gejala Sakit Maag

Meski tidak bisa dikatakan pasti namun beberapa gejala sakit maag di bawah ini dapat menjadi indikasi umum bagi seseorang yang menderita sakit maag:

  • Timbul rasa mual pada perut dan selalu ingin muntah.
  • Terasa nyeri dan pedih terutama pada perut bagian atas (ulu hati), juga diselingi perut kembung dan nafas sesak.
  • Rasa mual yang begitu kuat membuat tidak nafsu makan, wajah menjadi pucat dan sering sendawa karena perut menjadi kembung.
  • Kepala terasa pusing, sulit untuk tidur serta suhu badan naik dan keluar keringat dingin.

Selain itu beberapa penderita dengan radang lambung yang sudah terlalu parah juga mengalami pendarahan pada lambung sehingga ketika penderita muntah maka akan mengeluarkan darah berwarna kehitaman seperti kopi. Radang lambung yang sudah terlanjur kronis dapat menyebabkan kematian.

Penyebab Sakit Maag

Karena penyakit ini timbul dari lambung maka penyebab yang sering terjadi dikarenakan penderita makannya tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau pola hidup yang kurang sehat seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Maag dapat terjadi apabila penderita telat makan, lalu pada saat makan si penderita makan dengan porsi yang berlebihan/terlalu banyak. Pada penderita maag yang sudah parah, yaitu kanker lambung dapat menyebabkan penyakit maag tersebut berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian pada si penderita.

Kebanyakan orang sebetulnya sudah mengetahui Gejala Sakit Maag, namun mereka seringkali mengabaikannya. Sehingga ketika sakit maag sudah parah, mereka sudah terlambat dan sakit maag pun lebih sulit untuk diobati.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Komentar Tentang Gejala Sakit Maag

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close