Maag Kronis dan Pengobatannya

Maag Kronis dan Pengobatannya

Maag kronis adalah suatu kondisi medis yang terjadi ketika anda mengalami ketidaknyamanan di perut selama lebih dari tujuh hari dalam sebulan.  Apabila itu terjadi, sangat mungkin anda mengalami gangguan pencernaan kronis atau disebut juga maag kronis. Kata kronis sendiri digunakan untuk menggambarkan kondisi yang perlahan-lahan memburuk, datang dan pergi, dan akhirnya terus menerus berlangsung untuk waktu yang lama.

Dengan kondisi ini, anda biasanya akan merasa kembung atau merasa seperti menyimpan terlalu banyak gas di dalam perut anda. Seringnya, anda juga merasa ingin muntah atau anda mungkin perut anda akan terasa sangat penuh padahal anda baru saja mulai makan. Wanita yang sedang hamil tidak didiagnosis dengan maag kronis.

Apa –apa saja yang dapat menyebabkan maag kronis? Kebanyakan orang yang menderita maag kronis jarang memiliki penyakit lain yang menyebabkan itu. Seringnya, maag kronis sangat mungkin disebabkan oleh salah satu dari hal-hal berikut:

1. Peradangan (pembengkakan) pada kerongkongan atau perut.
2. Cairan perut mengalir dari lambung kembali ke kerongkongan
3. Kanker di lambung atau usus.
4. Peptikum ulkus. Ini adalah suatu kondisi dimana kuman (bakteri) dan cairan lambung melukai dinding lambung dan usus.
5. Makan terlalu banyak lemak pedas atau cairan makanan dan minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Cairan yang mengandung kafein dapat mencakup kopi, teh atau soda. Sedangkan cairan yang mengandung alkohol adalah bir, wiski, rum, dan vodka.
6. Pengobatan non obat seperti steroid anti inflamasi, steroid, narkotika, dan antibiotik.

Masalah kesehatan lain yang juga sangat mungkin berhubungan erat dengan maag kronis meliputi:

1. Adanya masalah dengan penyerapan atau gerakan di lambung dan usus.
2. Insufisiensi adrenal (adanya masalah dalam produksi hormon).
3. Kecemasan yang berlebihan (rasa khawatir dan takut) atau stres.
4. Sembelit dan diare. Ini terjadi ketika anda mengeluari kotoran yang kering dan keras, diikuti oleh tinja berair dengan lendir (cairan licin).
5. Diabetes (Tingkat gula yang tinggi dalam darah)
6. Penyakit jantung iskemik (penurunan pasokan darah ke jantung)
7. Adanya gangguan pada pembuluh darah

Apabila anda mengenali beberapa gejala maag kronis menimpa anda, segera beritahu ahli medis kapan anda mulai mengalami gangguan pencernaan, dan sudah berapa lama itu berlangsung. Informasikan juga kepada dokter anda tentang tanda-tanda dan gejala lain yang muncul yang berhubungan dengan saluran cerna anda, sehingga ini dapat segera diobati. Dokter anda juga perlu mengetahui obat-obatan apa saja yang saat ini anda gunakan, atau obat-obatan apa yang anda pakai untuk menyembuhkan maag kronis yang anda derita. Beritahu juga dokter anda jika anda atau seseorang dalam keluarga Anda memiliki kanker lambung, kanker esofagus atau kanker usus. Informasikan juga kepada mereka apabila anda memiliki ulkus peptikum.Gambar Maag Kronis dan Pengobatannya

Jika dokter anda menemukan suatu kondisi yang menyebabkan anda maag kronis, anda akan segera dapat diobati. Jika anda berusia 55 tahun atau lebih muda, dan hanya mengalami gejala ringan maag kronis, anda mungkin hanya akan diberi obat selama 4 sampai 8 minggu. Namun, bagi mereka yang berusia diatas 55 tahun lebih, dan mengalami gejala gejala maag kronis yang lebih berat, pengobatan akan sangat tergantung pada hasil tes yang disebut endoskopi pencernaan atas. Kemungkinannya, anda juga perlu menjalani satu atau lebih dari pengobatan berikut:

  • Antasida: Ini akan membantu tubuh anda mengurangi jumlah asam dalam lambung untuk meredakan gejala yang timbul akibat maag kronis
  • Antagonis histamin: Ini berfungsi untuk mengurangi jumlah cairan lambung dan meningkatkan kondisi anda yang menderita maag kronis.
  • Inhibitor pompa proton: Ini digunakan untuk mengurangi jumlah cairan lambung yang dihasilkan selama anda menderita maag kronis.
  • Psikoterapi: Melalui pengobatan dan terapi ini, seorang ahli kejiwaan yang sangat terlatih akan melakukan sesi bicara dan mendengarkan anda. Dia akan membantu anda menemukan penyebab stress yang anda alami. Anda dapat memilih untuk berkonsutasi sendirian saja, atau bersama-sama dengan anggota keluarga. Perawatan ini dapat sangat membantu jika terbukti stress anda yang menyebabkan anda menderita maag kronis.
  • Pengobatan tradisional: Seperti yang dilakukan oleh Pengobatan Tradisional Ny. Djamilah Najmuddin. Pengobatan ini dibantu dengan adanya hasil laboratorium pasien. Sehingga pasien dapat mengetahui langsung perkembangan dari pengobatan penyakitnya. Kunjungi situs resminya dialamat ini www.djamilah-najmuddin.com untuk mengetahui lebih banyak dari Pengobatan Ny. Djamilah Najmuddin.
You can leave a response, or trackback from your own site.

3 Responses to “Maag Kronis dan Pengobatannya”

  1. widodo says:

    saya menderita maag ini sangat sakit sekali.sampai gerak sedikit saja udah sakit.n kencing saya berwarna merah.apakah saya terkena maag akut ato kronis?dan pengobatan apa yang cocok untuk saya?

  2. Hard SP says:

    Saya sering merasakan sakit perih di perut dan kaya asam lambung,itu kadang2 sering terjadi sama perut saya. Obat apa yang harus saya minum dan makanan/buah2 apa saja yang harus saya makan dan hindari,trims.

  3. afni says:

    saya sering mual di pagi hari,,
    dan saya juga tidak berselera makan,
    perut terasa gembung tapi mengisap lapar,,
    mual nya juga terkadang sampai siang
    apa itu magh yg berbahaya???
    tp saya tidak muntah mengeluarkan cairan kuning atau hijau
    saya cuma mual dan pengen muntah saja

Komentar Tentang Maag Kronis dan Pengobatannya

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close