Makanan Pantangan Penderita Penyakit Maag

Makanan Pantangan Penderita Penyakit Maag

Penderita penyakit maag harus berhati-hati dalam memakan suatu makanan. Diluar sana banyak sekali makanan pantangan penderita penyakit maag, karena itu penderita penyakit maag harus jeli dan teliti ketika makan. Supaya penderita penyakit maag tidak memperparah penyakit maagnya karena memakan makanan pantangan bagi penderita penyakit maag.

Makanan pantangan penderita penyakit maag. Gastritis atau lebih lazim kita menyebutnya sebagai penyakit maag merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas dan bila tidak ditangani dengan baik dapat juga berakibat fatal. Biasanya penyakit maag terjadi pada orang-orang yang mempunyai pola makan tidak teratur, suka makanan yang asam, merangsang produksi asam lambung, atau makanan/obat-obatan yang bisa mengiritasi lambung. Beberapa infeksi mikroorganisme juga dapat menyebabkan terjadinya maag. Gejala sakit maag selain nyeri di daerah ulu hati adalah mual, muntah, lemas, kembung dan terasa sesak, nafsu makan menurun, wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringat dingin, pusing, atau selalu bersendawa. Dan pada kondisi yang lebih parah, bisa muntah darah.

Penyebab asam lambung tinggi, Antara lain :

  • Aktivitas padat sehingga telat makan
  • Stress yang tinggi, yang berimbas pada produksi asam lambung berlebih
  • Makanan dan minuman yang memicu tingginya sekresi asam lambung, seperti makanan dan minuman dengan rasa asam, pedas, kecut, berkafein tinggi, mengandung vitamin C dosis tinggi, termasuk buah-buahan.

Tapi penyakit maag bukan semata-mata soal asam lambung tinggi dan buffer bermasalah. Ada beberapa faktor lain yang membuat buffer melemah antara lain disebabkan oleh bakteri Helicobacter Pylori (HP), infeksi kuman (e-colli, salmonella atau virus), pengaruh obat-obatan, dan konsumsi alkohol berlebih.gambar makanan pantangan bagi penderita penyakit maag

Pantangan bagi penderita penyakit maag adalah:

  • Hindari makanan yang banyak mengandung gas (seperti lemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yg dikeringkan dan minuman bersoda)
  • Hindari makanan yg merangsang keluarnya asam lambung (seperti kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih dan sari buah sitrus)
  • Hindari makanan yg sulit dicerna yg membuat lambung lambat kosong misal makanan berlemak, kue tart, keju
  • Hindari makanan yg merusak dinding lambung seperti cuka, pedas, merica dan bumbu yg merangsang
  • Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan.
  • Hindari beberapa sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, singkong, tales, serta dodol.

Demikianlah beberapa jenis makanan pantangan bagi penderita penyakit maag. Semoga dengan mengetahui makanan pantangan ini, penderita maag bisa lebih berhati-hati.

Sumber : hipnirohman.com

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Makanan Pantangan Penderita Penyakit Maag”

  1. yanuar says:

    soal penyakit maag ,

    aku punya skt maag. biasa nya aku minum obat biasa sperti promaag dn bs ilang. tp skarang obat itu gk ngaruh lg,qlo maag aku kambuh skt sperti di tusuk2 jarum dn klo makn malh makin skt.aku suka banget mkan pedes dn asem. gmn solusi nya ???

    • admin says:

      Obat seperti yang Anda sebutkan memang bisa mengatasi maag untuk beberapa saat. Namun perlu diketahui bahwa obat-obat seperti itu jika dikonsumsi sering dan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan penyakit lain, misalkan kerusakan Hati atau Ginjal. Jadi lebih bijaklah terhadap obat-obatan.

      Jika dilihat dari kesukaan Anda makan makanan pedas dan asam, maka dapat dipastikan bahwa jenis pengobatan apapun untuk penyakit maag Anda, akan sangat sulit untuk disembuhkan. Sebab cara yang paling ampuh untuk menyembuhkan segala penyakit adalah dengan membiasakan diri melaksanakan pola hidup sehat. Dan biasa makan makanan pedas serta asam bukan ciri pola hidup sehat. Karena itu saran saya, sebaiknya kurangi atau bahkan hentikan membiasakan makan makanan pedas dan asam.

      Adapun untuk pengobatan maag yang tidak merusak hati dan ginjal Anda silahkan kunjungi link berikut ini : http://www.djamilah-najmuddin.com/bukti-hasil-laboratorium-pasien

Komentar Tentang Makanan Pantangan Penderita Penyakit Maag

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close