Penyakit Gastritis Pada Anak

Penyakit Gastritis Pada Anak

Gastritis Pada Anak biasanya disebabkan oleh bakteri helicobacter. Bakteri ini bisa masuk ke tubuh anak dengan berbagai cara. Bisa masuk melalui makanan yang terkontaminasi atau bisa juga karena adanya sentuhan fisik dari orang yang menderita infeksi bakteri helicobacter.

Gastritis adalah suatu istilah kedokteran untuk suatu keadaan inflamasi mukosa (jaringan lunak) lambung. Keadaan ini sering ditandai dengan gejala klinis yang sangat bervariasi yang sering kali tidak korelasi dengan beratnya inflamasi pada mukosa lambung tersebut.

Gejala gastritis dapat berupa rasa kembung, mual sampai rasa nyeri pada daerah lambung dengan derajat yang sangat variatif sampai pada yang terberat misalnya perdarahan lambung. Gastritis yang akut biasanya jelas sebabnya, misalnya penderita habis meminum obat yang sangat iritatif terhadap lambung semisal obat-obat penghilang rasa sakit  dengan berbagai merek dagang atau dapat pula sehabis minum alkohol pada seorang peminum yang kuat.

Sekitar 5-10 persen Gastritis Pada Anak disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori. Suatu kuman yang dapat ditemukan di seluruh penjuru dunia, terutama di negara berkembang. Infeksi oleh kuman tersebut dapat menular, terutama kepada orang-orang serumah atau akibat sanitasi yang kurang baik.

Benjolan yang ditemukan pada pemeriksaan endoskopi terhadap pasien gastritis bisa dimungkinkan adalah polip yang terjadi karena reaksi terhadap adanya gambaran patologi anatomi dari jaringan tubuh yang diambil. Umumnya apabila diambil dengan prosedur yang tepat tidak akan membahayakan bagi pasien. Namun apabila biopsi diambil dari jaringan yang dicurigai adalah kanker ganas, maka meskipun terjadi penyebaran hal tersebut bukan disebabkan oleh tindakan biopsi. Namun lebih dikarenakan penyakitnya sendiri.

Beberapa faktor penyebab gastritis pada anak secara umum, adalah:

Asam lambung yang sangat berlebihan.

  • Pepsin yang tinggi.
  • Obat analgetik dan inflamasi.
  • Asam Empedu yang berlebihan.
  • Infesi virus.
  • Infeksi bakteri Helicobacter Pylori
  • Bahan korosif asam dan basa kuat.

Pengobatan gastritis pada anak yang paling baik adalah dengan mengetahui penyebab gastritis. Jamu-jamuan memang dikatakan dapat menyebabkan gastritis apabila mengandung zat kimia tertentu yang dapat melukai mukosa lambung bila diminum sering dan terus-menerus. Oleh karena itu, sebaiknya seorang Ibu mencermati kandungan dari jamu seduh yang sering diminum oleh anak, agar penyakit Gastritis Pada Anak tidak terjadi.

Sumber : pikiran-rakyat.com

You can leave a response, or trackback from your own site.

Komentar Tentang Penyakit Gastritis Pada Anak

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close