Penyakit Maag dan Pengobatannya

Penyakit Maag dan Pengobatannya

Penyakit Maag dan Pengobatannya sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Salah satu gejala penyakit maag adalah mual dan salah satu cara pengobatannya adalah dengan mengkonsumsi kunyit. Untuk mengetahui penyakit maag dan pengobatannya kita harus banyak membaca dari berbagai sumber sehingga kita bisa tau banyak mengenai penyakit maag.

Orang awam mengenalnya dengan sebutan penyakit maag. Banyak dikeluhkan ketika sedang berpuasa. Dalam dunia kedokteran, sakit maag dikenal dengan istilah Gastritis. Apakah anda tahu apa itu penyakit maag dan pengobatannya?

Gastritis berasal dari kata Gaster yang artinya lambung. Gastritis adalah peradangan (pembengkakan) dari mukosa lambung, yang bisa disebabkan oleh faktor iritasi dan infeksi.

Di dalam lambung terdapat enzim-enzim pencernaan seperti pepsin, asam lambung dan mucus untuk melindungi dinding lambung sendiri. Bila terjadi ketidakseimbangan diantara faktor tersebut misal asam yang berlebih atau mucus yang berkurang, maka dapat mengiritasi dinding lambung sehingga terjadi proses peradangan (Gastritis).

Seperti kita ketahui, lambung adalah organ pencernaan dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk menyimpan makanan, mencerna dan kemudian mengalirkan ke usus kecil.

Pada kasus akut, gejala penyakit maag yang sering muncul biasanya adalah nyeri di ulu hati, mual, muntah, tidak nafsu makan, kembung, penurunan berat badan, perih atau sakit seperti terbakar pada perut bagian atas yang dapat menjadi lebih baik atau lebih buruk ketika makan.

Sedangkan yang kronis biasanya tanpa gejala kalaupun ada, hanya sakit yang ringan pada perut bagian atas dan terasa penuh atau kehilangan selera.

Penyakit Maag dan Pengobatannya

Pengobatan penyakit maag tergantung penyebabnya. Pada banyak kasus, pengurangan dari asam lambung dengan bantuan obat sudah cukup bermanfaat.

Beberapa obat pada gastritis seperti: Antasid : menetralisir asam lambung dan menghilangkan nyeri, Acid blocker : membantu mengurangi jumlah asam lambung yang diproduksi, misal Ranitidin dan Antibiotik : menghancurkan bakteri, misal Amoksisilin, Metronidazol.

Untuk pengobatan secara tradisional, salah satunya dapat memanfaatkan kacang hijau yang terbukti memiliki vitamin dan mineral essensial yang sangat tinggi.

Pencegahan Penyakit Maag

Hingga saat ini belum ada cara yang mudah untuk hidup sehat terbebas dari sakit maag selain memperbaiki pola hidup dan pola makan. Diantaranya menghindari makanan berlemak dan berminyak serta menambah asupan makanan berserat.

Berolahraga secara teratur dan menghindari  stress juga sangat membantu karena stress dapat memicu pengeluaran asam lambung. Dengan begitu Penyakit Maag dan Pengobatannya bisa diminimalisir rasa sakit dan efeknya.

Sumber : vivaborneo.com

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Penyakit Maag dan Pengobatannya”

  1. Vee Teme says:

    saya mau tanya dokter.
    1. penyakit maag sama asam lambung itu sama tdk ya.
    2. perut saya kadang sakit klo sehabis makan. perih dan rasanya kencang walau belum makan
    3. klo kepala pusing kadang mual2
    yang saya tanyakan, saya mempunyai penyakit apa? dan cara mengobatinya gmana? makasih

  2. Bungsu says:

    Ass…!!
    Syalom…!!!
    Selamat siang Dokter, saya mau tanya karena saya sakit muntah – muntah dan pada saat muntah rasa sakit sekali di perut dan dada bahkan batuk terus dan susah tidur bahkan menggigil disertai demam dan untuk buang air besar lancar ketika tidak demam. mohon penjelasannya dulu Dokter serta pengobatannya bagaimana. atas bantuan dokter saya ucapkan terima kasih.

Komentar Tentang Penyakit Maag dan Pengobatannya

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close