Penyakit Maag Kronis

Penyakit Maag Kronis

Penyakit maag kronis disebabkan adanya kontak terus menerus antara lapisan pelindung sistem pencernaan anda dengan asam lambung. Asam dapat mengiritasi lapisan sensitif menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada lambung anda. Jika Anda mengalami sakit gangguan pencernaan yang sering dan konstan akhir-akhir ini terutama jika disertai dengan gejala lain seperti perubahan abnormal pada buang air besar, kemungkinan besar anda terkena penyakit maag kronis; gangguan kesehatan yang sama sekali tidak bisa dianggap sepele.

Penyakit maag kronis adalah suatu gangguan pencernaan yang ditandai dengan rasa sakit kronis dan berulang di perut bagian atas.  Kadang-kadang, nyeri pencernaan dapat juga merupakan gejala sederhana makan berlebihan. Tetapi juga bisa berarti kondisi medis lainnya yang penting seperti serangan jantung. Jika rasa sakit kronis terus menerus terjadi dengan nyeri yang tidak dapat dijelaskan, mungkin saja yang terjadi adalah kanker lambung atau kanker usus besar. Untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit maag kronis dan juga berbagai penyakit yang berhubungan dengan lambung ini, sangatlah penting bagi kita untuk mempelajari berbagai gejala gangguan pencernaan.

Gejala-gejala penyakit maag kronis termasuk…

  • Lidah seperti terlapisi lendir tebal dan napas berbau busuk.
  • Sendawa hampir tanpa henti.
  • Perasaan kenyang saat tengah menyantap makanan. Hal ini menyebabkan ketidakmampuan atau kesulitan untuk menyelesaikan makan.
  • Rasa nyeri yang mengganggu seperti ‘kepenuhan’ atau ‘begah’ setelah makan. Ini umumnya terasa seperti makanan ada dalam perut anda terlalu lama dan tidak tercerna.
  • Rasa sakit yang ringan sampai nyeri yang hebat. Anda merasakan nyeri antara ujung bawah tulang dada dan pusar yang disebut daerah epigastrium.
  • Rasa seperti terbakar atau rasa panas yang tidak nyaman. Anda merasakan sensasi panas di daerah epigastrium.

Apabila anda mengalami salah satu dari tanda-tanda dan gejala gangguan pencernaan yang berlangsung lama dan dalam frekuensi yang meningkat, segera temui dokter Anda untuk melakukan berbagai tes. Tanda-tanda penyakit maag kronis lainnya adalah mual dan kembung.

Penyakit maag adalah masalah umum di antara orang dewasa. Ini menjadi masalah serius ketika gangguan kesehatan ini berkembang menjadi penyakit maag kronis. Apa-apa sajakah yang dapat menyebabkan penyakit maag kronis? Penyebabnya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Gastroesophageal reflux disease (GERD)
  2. Minuman beralkohol
  3. Infeksi lambung kronis akibat Helicobacter pylori bakteri
  4. Kegemukan
  5. Beberapa obat seperti aspirin
  6. KankerGambar Penyakit Maag Kronis
  7. Ulkus peptikum kronis
  8. Makanan pedas
  9. Makan dengan terlalu terburu-buru sehingga menyebabkan anda tidan mengunyah makanan anda dengan benar

10.  Kelainan pada pankreas atau saluran empedu.

Sekedar untuk anda ketahui, GERD juga diwujudkan sebagai masalah kesulitan menelan, yang juga dapat saja merupakan salah satu gejala tumor esofagus.

Untuk lebih mengenali penyakit maag kronis, anda juga harus menyadari gejala-gejala ringan yang mungkin tidak pernah dianggap serius oleh kebanyakan orang. Tahukah anda, rasa kelelahan yang berlebihan dan penurunan berat badan yang tak terduga yang terjadi bersama dengan gangguan pencernaan yang parah dan kronis, terutama jika Anda berusia lebih dari 55 tahun, mungkin adalah pertanda anda mengidap penyakit maag kronis? Gejala ringan seperti ini perlu untuk dipandang serius. Terutama apabila anda tidak menjalani pola hidup yang sehat dan seimbang.

Penyakit maag pada umumnya akrab di masyarakat lewat tayangan iklan-iklan di tv atau media lainnya yang mempromosikan antasida. Namun perlu anda ingat, penyakit maag kronis tidak bisa serta merta disembuhkan hanya dengan mengkonsumsi obat-obatan yang banyak dijual dipasar atau diwarung-warung.

Apabila penyakit maag kronis yang anda derita tidak berhubungan dengan penyakit tertentu seperti kanker atau diabetes mellitus, besar kemungkinan penyakit maag kronis anda dapat dikontrol oleh diet yang tepat. Menghindari makanan berminyak atau makanan padat yang mengandung daging kadang-kadang dapat membantu anda mengurangi gejala-gejala yang menyiksa. Dan, jika Anda alergi laktosa, menghindari semua produk susu seharusnya dapat meringankan akibat yang ditimbulkan penyakit maag kronis. Jika anda mengalami gejala penyakit maag kronis yang parah, kemungkinan dokter anda akan merekomendasikan anda untuk dirawat sementara sehingga hanya menerima cairan saja lewat selang infus. Atau anda akan hanya diijinkan menyantap porsi kecil makanan lunak sampai gejala penyakit maag kronis yang anda derita mereda.

Untuk mencegah penyakit maag kronis, anda dapat mulai dari sekarang untuk selalu hidup sehat. Makan dengan menu yang seimbang tiga kali sehari, menyantap sayur-sayuran dan buah-buahan secara teratur adalah kunci untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik. Istirahat dan tidur sangat penting, sama pentingnya dengan berolahraga secara teratur pada waktu yang tepat. Selain daripada itu, udara segar dan sinar matahari pagi serta hidup bebas stress, akan menjauhkan anda dari ancaman penyakit maag kronis.

Sedangkan untuk mengobati penyakit maag Anda bisa menghubungi Pengobatan Tradisional Ny. Djamilah Najmuddin yang sudah lama mengobati penyakit maag. Pengobatan ini dibuktikan keampuhannya dengan adanya hasil laboratorium pasien yang sudah sembuh. Anda bisa melihat hasil laboratorium di situs resminya pada alamat berikut www.djamilah-najmuddin.com. Jadi, jangan tunda lagi, segera obati penyakit maag Anda.

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Penyakit Maag Kronis”

  1. nia apriani says:

    saya punya penyakit maag tapi gatau kronis apa akut tapi seringkali maag saya kambuh….
    tapi saya suka merasakan pusing setiap hari, apakah itu gejala dari penyakit maag?

Komentar Tentang Penyakit Maag Kronis

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close