Penyebab Penyakit Maag

Penyebab Penyakit Maag

Penyebab penyakit maag bukanlah sebuah misteri besar di jaman yang sudah sangat modern ini. Anda bisa dengan mudah mencari tahu dan mengumpulkan informasi tentang penyebab penyakit maag dari buku-buku, artikel kesehatan di koran atau majalah-majalah, dan tentu saja dari media yang termurah; internet :-) .

Penyebab penyakit maag, seperti juga banyak gangguan kesehatan lainnya, awalnya adalah kurangnya pemeliharaan kesehatan dengan memberi nutrisi yang tepat untuk tubuh dan akibat dari memiliki kebiasaan gaya hidup yang buruk. Normalmya, tubuh manusia memiliki lapisan lendir pelindung yang dapat melindungi sel-sel lambung dari asam lambung korosif. Sistem pencernaan manusia tidak dirancang untuk mencerna organnya sendiri. Segera setelah anda dapat mengidentifikasi akar penyebab penyakit maag yang anda derita dan meghilangkan penyebab-penyebabnya, otomatis kesehatan tubuh anda akan segera sembuh dalam tempo yang relatif cepat.

Penyebab penyakit maag yang termasuk paling sering ditemui adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh  Helicobacter pylori. Helicobacter pylori adalah nama dari bakteri yang ditemukan di perut para penderita penyakit maag. Ketika dibiarkan tidak diobati Helcobacter pylori akan mencapai jumlah yang besar dan mereka dapat merangsang sekresi asam lambung yang mengarah ke bisul. Bila ada kenaikan yang berkepanjangan di sekresi asam lambung, mereka memecah lapisan perut dan inilah yang menjadi penyebab penyakit maag. Hal yang menarik adalah jutaan orang memiliki bakteri ini dalam tubuh mereka namun sama sekali tidak mengalami gejala atau ciri- ciri penyakit maag. Bagaimana mungkin hal seperti itu terjadi? Sebabnya adalah bakteri, seperti juga virus, merupakan organisme oportunistik, yang berarti jika kondisi kesehatan kita buruk dan kekebalan tubuh menurun, mereka akan berkembang dan terus berkembang. . . sehingga kondisi itu sendiri yang merupakan penyebab penyakit maag bukan bakteri.

Mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit, seringkali mengakibatkan iritasi pada lambung. Pemakaian aspirin, ibuprofen dan naproxen yang berlebihan juga dapat mengganggu sistem pencernaan halus sehingga rentan terhadap infeksi menyebabkan peradangan dan akhirnya menjadi penyebab penyakit maag.

Alkohol, yang sesungguhnya lebih berbahaya dan menimbulkan kecanduan dibanding kokain, juga merupakan penyebab penyakit maag. Anehnya, alkohol dapat diterima lingkungan sosial dan melarang peredaran alkohol adalah hal yang boleh dikatakan, mustahil. Seringnya seseorang mengkonsumsi minuman keras akan mengganggu system pencernaan anda. Lambung akan sangat rentan dan dalam kondisi yang rapuh dan akan menjadi sarang bagi bakteri penyebab penyakit maag.

Stress juga terbukti dapat mengubah kondisi dalam tubuh anda sehingga kondisi anda akan lebih rentan terhadap berbagai penyakit termasuk penyakit maag. Yang sering terjadi dalam tubuh anda ketika sel-sel tubuh anda anda tidak bisa saling berkomunikasi, sel-sel tubuh bisa berakhir dengan menyerang reaksi imun itu sendiri tanpa menyadarinya. Ini disebut disfungsi auto-imun, yang walaupun tidak terlalu sering terjadi namun tetap perlu diwaspadai. Penyebab penyakit maag autoimun adalah gangguan komunikasi sederhana antar sel dan dipicu oleh kekurangan gizi dan faktor gaya hidup.

Penyebab penyakit maag juga dapat dipicu oleh konsumsi protein hewani dan lemak secara berlebih-lebihan banyak. Dan penyakit refluks empedu merupakan salah satu penyebab penyakit maag. Empedu membantu Anda mencerna lemak hewani. Empedu diproduksi di dalam hati Anda dan disimpan di kantong empedu untuk mencegah kontaminasi usus kecil anda. Jika terjadi kebocoran empedu, hal itu akan memperparah penyakit maag dan menjadi penyebab penyakit maag akut.

Masalah lain yang dapat menjadi penyebab penyakit maag atau terkait dengan itu adalah AIDS, parasit, penyakit Crohn, gagal hati, disfungsi ginjal dan beberapa gangguan jaringan ikat. Faktor usia juga menjadi salah satu penyebab penyakit maag. Bila kita berusia lanjut, dinding lambung kita akan menipis sehingga jauh lebih rentan dibanding orang berusia muda. Sistem kekebalan tubuh juga menurun sehingga anda yang berusia lanjut lebih berisiko terkena penyakit maag.

Intinya adalah jika anda belajar untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh anda agar tetap seimbang dengan diet yang tepat dan gaya hidup yang sehat, dapat mencegah atau dan menjadi pelindung anda dari berbagai penyebab penyakit maag.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Komentar Tentang Penyebab Penyakit Maag

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close