Penyebab Tukak Lambung

Penyebab Tukak Lambung

Penyebab Tukak Lambung ada 2 yaitu adanya infeksi bakteri Helicobacter Pylori (H. Pylori) dan penggunaan dari obat anti inflamasi non steroid. Helicobacter Pylori adalah bakteri gram negatif yang bersifat patogen, berbentuk spiral dengan 4-6 benang cambuk. Helicobacter pylori merupakan bakteri yang hidup dan berkembang biak di air minum dan makanan yang tidak ditangani secara higienis atau dimasak dengan benar.

Sebagian besar penderita tukak memperoleh infeksi Helicobacter pylori sejak masa kanak-kanak, namun gejalanya baru muncul beberapa puluh tahun kemudian. Helicobacter Pylori dapat bertahan hidup di perut orang yang terinfeksi selama hidup orang tersebut.

Mekanisme utama dari bakteri ini sehingga menjadi penyebab tukak lambung adalah dalam menginisiasi pembentukan luka yaitu saat bakteri memperbanyak diri, maka akan menghasilkan sitotoksin yang dapat memecah pertahanan mukus kemudian menempel di sel epitel lambung atau usus duabelas jari (duodenum). Di lambung, bakteri ini akan menghasilkan karbondioksida, amonia dan produk lain seperti protease, katalase dan fosfolipase yang bersifat toksik.

Produk-produk yang dihasilkan ini akan terakumulasi, kemudian dapat merusak pertahanan mukosa lambung sehingga dapat menyebabkan peradangan kronis pada lambung yang dapat berkembang menjadi tukak.

Penggunaan obat anti inflamasi non steroid (NSAID) juga dapat menjadi Penyebab Tukak Lambung. NSAID adalah golongan obat yang berkhasiat sebagai pengurang nyeri (analgesik), penurun panas (antipiretik) dan anti radang (antiinflamasi). Contoh dari NSAID adalah ibuprofen, meloxicam, piroxicam, asam mefenamat dan aspirin. NSAID dapat menyebabkan tukak lambung melalui 2 cara, yaitu dengan mengiritasi epitelium lambung secara langsung dan melalui penghambatan sintesis prostaglandin.

Prostaglandin merupakan senyawa yang disintesis di mukosa lambung yang berfungsi untuk melindungi fungsi fisiologis tubuh, misalnya fungsi ginjal dan mukosa lambung. Bila produksi prostaglandin pada lambung dihambat, maka perlindungan terhadap mukosa lambung menjadi berkurang dan resiko terjadinya tukak menjadi meningkat. Karena itu prostaglandin bisa menjadi penyebab tukak lambung.

Selain 2 Penyebab Tukak Lambung di atas, ada faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya tukak lambung, yaitu stres dan merokok. Stres merupakan penyebab tukak lambung karena dalam kondisi tertekan akan terjadi peningkatan produksi hormon adrenalin yang akan berpengaruh terhadap peningkatan produksi asam oleh reseptor asetilkolin. Akibatnya produksi asam lambung akan menjadi meningkat. Kelebihan asam lambung ini dapat menyebabkan rusaknya jaringan selaput lendir lambung dan jaringan halus usus duabelas jari (duodenum).

Kebiasaan merokok merupakan Penyebab Tukak Lambung. Mekanisme yang terjadi belum diketahui secara pasti namun kebiasaan merokok diduga dapat menyebabkan penghambatan produksi prostaglandin pada lambung sehingga perlindungan terhadap mukosa lambung berkurang dan resiko terjadinya tukak lambung menjadi meningkat.

Sumber : readyonline.wordpress.com

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Penyebab Tukak Lambung”

  1. karin says:

    makasi atas inform nya,, tolong jelaskan lebih detail lagi tentang tukak lambung serta cara mengobatinya..

Komentar Tentang Penyebab Tukak Lambung

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close