Sakit Maag Kronis

Sakit Maag Kronis

Sakit Maag Kronis sering menimpa siapa saja yang sering telat makan. Baik itu remaja maupun orang dewasa. Sakit maag kronis bisa dihindari dengan biasa melakukan pola hidup sehat.

Salah satu penyebab sakit maag kronis adalah stres. Stres dapat menimbulkan asam lambung meningkat, jika ada luka di dalam tentunya akan meningkatkan asam lambung dan akan memperhebat keluhannya. Tidak nyaman pada saluran pencernaan, sakit pada ulu hati, mual, muntah, kembung, cepat kenyang, dan nafsu makan berkurang adalah salah satu gejala sakit maag kronis.

Sakit Maag Kronis merupakan penyakit  yang ditimbulkan oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang kita makan.

Namun produksi asam di lambung dapat lebih besar dari yang dibutuhkan bila pola hidup kita tidak teratur dan tidak sehat. Salah satu ciri pola hidup kita yang tidak sehat yang menyebabkan Sakit Maag Kronis adalah:

  • Makan tidak teratur atau terlalu cepat
  • Makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak
  • Merokok dan banyak minum kopi/alkohol
  • Stres yang berlebihan

Selain akibat gangguan keasaman lambung ada peran organisme renik yaitu bakteri Helicobacter pylori sebagai penyebab lain dari sakit maag kronis. Bakteri ini mempunyai sifat luar biasa. Jika bakteri lain mati pada suasana asam dalam lambung, Helicobacter pylori mampu bertahan hidup bahkan berkembang biak.

Kuman Helicobacter pylori dapat mengiritasi dinding lambung, sehingga menimbulkan peradangan dan luka (ulkus). Akibat dinding lambung mengalami perlukaan, penderita akan merasakan perih di bagian ulu hati.

Obat maag yang dijual bebas di pasaran rata-rata hanya mengurangi asam lambung, dan cenderung bersifat menetralkan. Bila obat tersebut dikonsumsi secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang lama, maka obat tersebut akan mengganggu kinerja ginjal.

Selain dapat mengganggu kinerja ginjal, sakit maag kronis dapat juga mengakibatkan penyakit kanker lambung. Menurut ahli kesehatan, salah satu penyebab kanker lambung adalah sakit maag kronis atau maag akut.

Sakit Maag Kronis sebenarnya dapat dicegah bila pola makan dan pola hidup sehat biasa dilakukan. Selain itu hindari stres, sebab stres biasanya menjadi pemicu utama semua jenis penyakit.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Komentar Tentang Sakit Maag Kronis

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close