Terapi Praktis Penyembuhan Penyakit Maag

Terapi Praktis Penyembuhan Penyakit Maag

Terapi penyakit maag dilakukan bagi penderita maag yang ingin sembuh dari penyakitnya. Terapi penyakit maag ini menggunakan bahan-bahan herbal yang mudah kita dapatkan. Selain mudah, bahan-bahan herbal inipun murah bahkan tak jarang ada di dapur kita.

Sesibuk-sibuknya manusia, harusnya tetap punya waktu untuk istirahat dan menikmati hidup. Kalau Anda bergelimang uang, tapi tidak bisa menikmatinya,  untuk apa Anda kerja keras?

Nah, Anda yang terkena sakit maag atau penyakit lambung yang menganggu kinerja Anda, juga punya pertanyaan serupa. Sebenarnya ada nggak sih terapi yang bisa dilakukan dengan nyaman dan aman bagi penderita maag dan tukak lambung?

Menurut seorang Hembing, seorang pakar herbal, ada beberapa cara awal yang bisa dilakukan. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah radang lambung, antara lain : konsumsi makanan yang lunak/lembut. Hindari makanan yang mengiritasi lambung, seperti pedas, asam, alkohol, kafein, rokok, dan aspirin. jangan terlambat makan atau makan berlebihan, makan sedikit-sedikit tapi sering. Usahakan buang air besar secara teratur.

Mengatasi Gangguan Lambung dengan Herbal/Tanaman Obat. Obat-obat gangguan lambung yang dijual bebas di warung biasanya bersifat antacid yaitu menurunkan keasaman cairan di lambung dengan cara menaikan pH, sehingga untuk sementara gejala sakit akan hilang. Namun kesembuhan tersebut bersifat sementara karena lambung masih lemah akibat erosi, serta belum seimbangnya produksi kelenjar-kelenjar lambung.

Perlu evaluasi dahulu apakah memang seseorang yang mengalami sakit maag karena sakit maag fungsional dan dicetuskan oleh factor stress atau karena sebab lain. Makanan dan minuman terutama minuman yang beralkohol merupakan salah satu factor yang juga bisa mencetuskan timbulnya gangguan pada maag seseorang. Selain itu factor obat-obatan terutama obat-obatan untuk penghilang rasa sakit bak ini sakit kepala dan sakit sendi juga bisa menimbulkan gangguan pada maag seseorang. Oleh karena itu factor obat-obatan ini juga harus menjadi perhatian.

Beberapa tanaman obat, dapat digunakan untuk mengatasi gangguan lambung ditujukan untuk mengurangi peradangan dan infeksi, memperkuat dinding mukosa lambung dan mengurangi kepekaan dinding lambung, memperbaiki fungsi kelenjar-kelenjar lambung dan pencernaan secara umum.

Bahan-bahannya ada di sekitar kita dan mudah didapat. Anda hanya perlu sedikit ‘repot’ untuk mengolahnya. Tapi untuk sembuh, Anda tidak keberaan repot bukan?

Hal lain yang perlu diketahui, maag dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lain, seperti bronkitis, pendarahan, dan sakit kepala sebelah (migren). Maag juga bisa menimbulkan komplikasi di daerah tenggorokan berupa ISPA terutama kembalinya isi dan asam lambung ke tenggorokan (repluk). Hal ini bisa merasang timbulnya penyakit baru berupaa penyakit Asma.

Terapi sederhana yang penting diperhatikan: Hati-hati penggunaan obat-obat penghilang rasa nyeri dan jangan dimakan pada saat perut kosong atau disertai obat-obat maag lainnya. Pola hidup yang teratur, makan dan tidur yang teratur. Banyak olahraga sebab untuk mengkuatkan asam lambung.Gambar Terapi Praktis Penyembuhan Penyakit Maag

Hindari makanan yang langsung merusak dinding lambung seperti makana mengandung cuka, merica dan bumbu-bumbu yang merasang. Sedangkan makanan baik untuk dikonsumsi bagi penderita sakit maag adalah: Tidak merasang timbulkan asam lambung,

Menurut Dr. Budiana, SpPD, dari Rumah Sakit Umum daerah Atambua,  penanganan dispepsia/sakit maag secara garis besar dengan tanpa obat dan obat meliputi :

  • Terapi tanpa obat. Sekarang dikenal dengan diet lambung: makanan yang mengandung susu dalam porsi kecil, lunak dan mudah dicerna. Menghindari makanan dengan keasaman tinggi atau yang merangsang : coklat, jeruk, kopi, bawang, tomat. Bisa juga dengan meng-ubah pola hidup: menghentikan obat yang menggerus lambung, menurunkan berat badan dan berhenti merokok.
  • Terapi obat.Tergantung keluhan bisa diberikan obat penekan asam lam-bung dan obat yang menetralkan asam lambungseperti: antasid, ranitidin,dll.
  • Terapi infeksi helicobacter pylori. Apabila dispepsia/sakit maagnya disebabkan infeksi helicobacter pylori yang dibuktikan dengan pemeriksaaan serologi positif, dianjurkan menghilangkan infeksinya dengan obat berbasis penghambat pompa proton.
  • Terapi psikologis. Untuk menenangkan jiwa pasien dispepsia/sakit maag bisa juga dengan obat anti cemas.

Sumber : ahlinyalambung.com

You can leave a response, or trackback from your own site.

Komentar Tentang Terapi Praktis Penyembuhan Penyakit Maag

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close