Tips Mengatasi Sakit Maag

Tips Mengatasi Sakit Maag

Ada dua macam pengobatan dalam mengatasi sakit maag. Bisa dengan cara pengobatan medis ataupun dengan pengobatan tradisional. Namun, kedua cara mengatasi sakit maag tersebut tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Sebab setiap pengobatan ada efek dan keunggulan masing-masing dan jika disatukan, bukan kesembuhan yang didapat, melainkan bisa bertambah parah.

Gejala penyakit maag biasanya berupa rasa perih di lambung meskipun baru saja makan dan makanannya pun tidak pedas atau asam. Kalau rasa perih yang agak berlebihan hanya terjadi sebelum makan, tetapi mereda sehabis makan, biasanya hal itu hanya akibat produksi asam lambung yang berlebihan. Gejala lain dari sakit maag adalah perut terasa kembung yang membuat perut terasa penuh padahal belum diisi makanan.

Sebelum mengetahui tips mengatasi sakit maag, perlu diketahui pula bahwa penyebab sakit maag biasanya karena bakteri yang bernama Helicobaeter pylori. Hubungan saintifik antara sakit maag dengan bakteri telah diungkapkan sejak 1983, dan CDC sudah sejak 1994 mengumumkan bakteri Helicobaeter pylori menjadi penyebab sakit maag, tetapi masih banyak dokter mengobati pasien sakit maag dengan pemblok asam dan obat lain yang hanya menghilangkan gejala, bukannya penyebab utamanya.

Di bawah ini ada beberapa tips mengatasi sakit maag sekaligus mencegah sakit maag datang menghampiri, antara lain:

  1. Makan teratur, ini adalah cara paling ampuh karena penyakit maag biasanya dikibatkan karena pola makan yang tak teratur maka Anda harus mengatur pola makan yang pertama kali untuk mengatasi penyakit maag.
  2. Hindari Minuman yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti kopi, minuman bersoda, alkohol ataupun makanan yang mengandung cuka berlebih.
  3. Makan makanan yang mudah dicerna, ini berguna untuk meringankan kerja lambung apalagi jika sedang terkena maag. Pilihlah makanan yang banyak mengandung serat, sepert jelly, rumput laut dan sayur-sayuran. Serta jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah-buahan yang bersifat lunak, seperti pepaya.Gambar Tips Mengatasi Sakit Maag
  4. Tidur teratur, tak hanya pola makan yang harus Anda atur tapi juga pola tidur Anda juga harus Anda atur karena pola tidur juga salah satu penyebab sakit lambung. Usahakanlah untuk tidur 8 jam sehari.
  5. Hindari stres, stres juga bisa menyebabkan penyakit maag, jadi Anda harus bisa menghindari stres tersebut. Sebagian peneliti menyebutkan bahwa stres termasuk salah satu penyebab segala jenis penyakit. Karena itu hindari stres agar tidak mudah terserang penyakit.

Di bulan puasa, pengidap sakit maag yang tidak disertai luka lambung, dan terutama yang sangat berkaitan dengan stres, boleh berpuasa. Banyak pengidap sakit maag yang justru tidak mendapat serangan perih ketika berpuasa di bulan puasa, mungkin karena situasi emosional saat itu memberi dampak positif terhadap ketahanan batinnya dalam menghadapi stres.

Demikian tips mengatasi sakit maag yang perlu diketahui. Lakukan cara pencegahannya agar kita bisa terus sehat.

Dari berbagai sumber

You can leave a response, or trackback from your own site.

Komentar Tentang Tips Mengatasi Sakit Maag

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close