Waspadai Gejala Gastritis

Waspadai Gejala Gastritis

Banyak Gejala Gastritis yang sering diabaikan oleh penderitanya. Sehingga ketika gastritis sudah menjadi kronis, baru penderita mencari solusinya. Padahal penyakit gastritis kalau sudah kronis akan sulit untuk disembuhkan.

Gastritis merupakan permasalahan kesehatan yang sangat umum. Lebih dari 10% pasien datang ke rumah sakit dengan keluhan rasa sakit di ulu hati pasti terdiagnosa gastritis. Gastritis atau radang lambung adalah peradangan (luka dan bengkak) pada permukaan lambung.

Biasanya disebabkan oleh kebiasaan minum minuman keras, penggunaan obat anti inflamasi non steroid (NSAIDs) berkepanjangan seperti aspirin atau ibuproven, atau infeksi bakteri seperti Helicobacter pylori. Dapat juga terjadi karena komplikasi setelah operasi besar, luka traumatic, terbakar, atau infeksi yang parah. Penyakit seperti anemia pernicious, kelainan auto imun, dan refluks empedu kronis.

Seseorang yang menderita gastriris mengeluhkan merasa nyeri dan sakit, bersendawa, perut kembung, mual dan muntah, serta perasaan terbakar di bagian atas abdomen (biasanya di ulu hati). Rasa sakit muncul biasanya berada di bagian kiri atas abdomen hingga menjalar ke bagian punggung, seperti datang dan pergi dari perut ke punggung.

Umumnya rasa nyeri yang dialami digambarkan seperti ditusuk-tusuk atau digores benda tajam. Terdapat darah yang turut keluar saat muntah atau buang air besar menjadi tanda terdapat pendarahan pada lambung dan memerlukan tindakan medis sesegera mungkin.

Khusus untuk lansia, memiliki kecenderungan yang tinggi untuk mengalami gangguan nyeri lambung dibandingkan kelompok usia yang lain. Bahkan dapat saja tidak mengalami Gejala Gastritis yang umum seperti mual, muntah, dan nyeri hingga akhirnya mendadak jatuh sakit akibat pendarahan dalam pada lambungnya.

Segeralah periksakan diri Anda ke dokter terdekat jika gejala gastritis yang anda rasakan semakin parah atau berkepanjangan. Dibawah ini beberapa gejala gastritis yang perlu diwaspadai:

  • Terdapat alasan atau penyebab yang jelas untuk gejala gastritis yang anda rasakan seperti baru saja minum aspirin dalam keadaan perut kosong
  • Jika gejala gastritis yang Anda rasakan mulai mengganggu kegiatan anda
  • Jika anda merasa perlu mendapat pengobatan untuk mengurangi rasa sakit yang diderita
  • Jika perasaan lebih baik hanya muncul dalam waktu yang singkat
  • Muntah-muntah hingga anda tidak dapat makan, minum ataupun minum obat
  • Isi muntahan berwarna hijau atau kuning
  • Ketika muntah atau buang air besar terdapat darah baik segar maupun hitam
  • Demam dengan rasa sakit di ulu hati
  • Pingsan atau merasa berkunang-kunang
  • Detak jantung cepat dan tidak beraturan
  • Keringat dingin
  • Wajah pucat
  • Nafas pendek
  • Nyeri dada

Jika lebih dari satu Gejala Gastritis di atas anda alami, ada baiknya segera hubungi dokter atau pusat layanan kesehatan terdekat untuk memberikan tindakan medis yang tepat. Dengan begitu penyakit gastritis Anda tidak menjadi akut.

Sumber : dietisien.com

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Waspadai Gejala Gastritis”

  1. riezta says:

    trim’s artikelnya ,,,mmbantu

  2. Irma Mw says:

    selamat siang dok…

    saya irma usia 26 thn,saya mempunyai riwayat mag,dan sya jg kdg2 untuk makan itu merasa maless dan kadang2 saya ga makan seharian,,saya baru tau trnyta ada penyakit gastritis… seperti nya saya jg merasakan beberapa gejala yg ada di gejala2 penyakit tsb,saya takut saya trkena pnyakit tsb.

    yg saya alami,kdg2 saya merasakan sesak nafas,tukang dada sakit, perut di bawah dada pun sllu merasakan sakiit,mlh saya klo duduk,harus slllu memegangbagian tsb,yg saya tanyakan,apa saya mengalamai pnyakit gastritis do?

    mohon penjelasannya ya dok

    terimakasih

    Irma Mw
    Tangetrang

Komentar Tentang Waspadai Gejala Gastritis

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
Artikel Kesehatan Lainnya:close